Kuriak, Semangat Gotong Royong Masyarakat Kampung Seni Yudha Asri

Kuriak itulah sebutan masyarakat Kampung Seni Yudha Asri, Kampung Yudha, Desa Mander  , Kecamatan Bandung, Kabupaten Serang, Banten. Istilah ini dipakai ketika seluruh masyarakat akan bergotong royong, baik untuk  gotong royong bersih-bersih kampung, membuat jalan, membangun mesjid,  membangun sarana dan prasarana, membantu tetangga pernikahan, khitanan,  kematian dan kegiatan sosial masyarakat lainnya. Terdiri dari semua  elemen masyarakat, tua, muda,laki-laki, perempuan bahkan anak-anak sekalipun. Semuanya larut dalam  wajah keceriaan dan semangat kebersamaan.
Gotong Royong adalah bekerja secara bersama atas dorongan kebersamaan, niat yang tulus dan tidak mengharapkan sesuatu apapun. Gotong Royong sangatlah penting untuk membangun sikap kekeluargaan, dimana kita akan semakin peduli dengan sesama karena menganggap semuanya adalah satu keluarga.
Hal seperti ini tentu tidak sebagian wilayah ada, tergantung budaya dan tradisi masyarakat. Di Perkotaan umumnya hidup masing-masing, tak peduli siapa orang-orang yang berada di kiri dan kanan rumahnya. Mereka terlalu angkuh dengan gaya hidup mewah dan mengabaikan nilai-nilai sosial yang seharusnya mereka miliki.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s